Orang tua mana yang tidak merasa khawatir ketika anak susah makan? Sedangkan makanan bagi anak adalah hal terpenting karena dalam masa pertumbuhan tubuh. Sedangkan makanan bagi anak memiliki tiga fungsi yang baik, yaitu kebutuhan gizi dan energy, edukasi dan entertainment. Masalah anak susah makan tidak jarang membuat ibu stress dan tertekan dalam menghadapinya karena dapat berdampak pada kesehatan.

Seorang ibu selalu dibuat khawatir dengan kecukupan gizi buah hatinya. Belum lagi jika anak suka pilih-pilih makanan. Tidak perlu cemas, karna sekarang ada Nestle cerelac bubur susu beras merah instan bergizi lengkap, mengandung zat besi, zink vitamin A dan vitamin C untuk membantu memenuhi nutrisi hariannya. Anak susah makan memang kasus yang tidak aneh lagi, tetapi hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena anak masih dalam masa pertumbuhan dan juga membutuhkan nutrisi yang lengkap. Ada beberapa hal yang mungkin bisa mengatasi anak susah makan di antaranya:

  • Kondisi dan Situasi

Suasana juga akan berpengaruh pada selera makan anak. Sebagai orang tua, tentunya kita akan tahu, situasi seperti apa yang paling disukai anak kita bila sedang makan. Selain itu, kondisi anak berpengaruh pada nafsu makannya.

  • Buat jadwal makan yang teratur

Dengan membuat jadwal makan yang teratur, akan membuat anak mengetahui waktu makan, dan proses pencernaan anak pun akan baik. Saat jam makan perut sudah akan merasa lapar sehingga anak mempunyai nafsu makan.

  • Porsi makan yang sesuai

Untuk anak 1-3 tahun biasanya porsi makanan hanya 1/4 porsi untuk dewasa, bila daging yang disajikan biasanya seukuran telapak tangan, dan bila sayur 1-2 sendok makan.

  • Ciptakan suasana nyaman saat anak sedang makan

Menjadikan waktu makan menjadi saat yang menyenangkan bagi anak. Bisa dengan mengajak anak membuat makanan bersama-sama atau dengan menghias makanan agar lebih menarik dan menggugah selera.

Itulah beberapa cara pas mengatasi anak susah makan. Ingat ya ibu cari tahu dahulu apa penyebab anak susah untuk makan. Pada umumnya anak mencontoh pola makan orang terdekatnya, jika orang tua sering makan cemilan yang tidak teratur maka anak pun akan ikut-ikutan, oleh karena itu upayakan hindari di depan anak. Semoga bermanfaat.