loading

Loading...

Aspek PentingTumbuh Kembang Anak

Aspek PentingTumbuh Kembang Anak

November 12, 2016

Tumbuh kembang anak yang optimal tentunya menjadi hal yang paling diharapkan oleh orang tua, mengingat jika tumbuh kembangnya yang terganggu maka perkembangan anak yang lainnya akan turut terganggu pula. Dalam tumbuh kembang anak yang optimal tentunya memperhatikan akan usianya sehingga sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh anak. Melihat hal tersebut maka bagaimana pola asuh anak yang diberikan anak juga sangat penting diperhatikan.

Dalam pemberian pola asuh yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya maka berbagai aspek dalam tumbuh kembang anak juga perlu diperhatikan. Berbagai aspek penting ini akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhannya. Dan untuk hal tersebut berikut ini berbagai aspek penting yang berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

  • Aspek motorik halus dan kasar. Aspek motorik halus merupakan kemampuan anak dalam mengontrol anggota badan khususnya keluwesan jemari tangan, seperti dalam mencoret, melipat, menyentuh, dan yang lainnya. Sedangkan motorik kasar yaitu kepada mengontrol gerakan tubuh yang mencakup otoo besar seperti melompat, berlari, berjalan, berenang, dan yang lainnya.
  • Aspek kognitif anak. Untuk hal ini merupakan suatu kemampuan anak dalam memproses, mengkategorukan, dan juga menginterpretasikan berbagai informasi yang diperoleh melalui pancainderanya.
  • Aspek emosi anak. Yang namanya emosi hubungannya dengan kemampuan anak dalam mengendalikan dan mengatasi perasaannya. Aspek emosi menjelaskan akan kemampuan anak dalam mengenali berbagai hal yenag dirasakannya serta bagaimana mengekspresikan perasaan yang dapat diterima dalam lingkungannya. Pada aspek emosi ini kematangan terjadi tidak secara langsung tetapi melalui proses yang bertahap dengan peran serta orang tua dan lingkungannya.
  • Aspek sosial. Untuk hal ini merupakan suatu kemampuan anak dalam menyesuaikan dirinya dengan lingkungan disekitarnya. Anak akan mempunyai pengalaman dalam hubungan sosial jika ia tumbuh dan berkembang dengan orang-orang terdekatnya.
  • Aspek kemampuan bahasa bagi anak. Pada waktu kecil anak kecil telah bisa berkomunikasi dalam menyatakan perasaannya dengan tangisan, tertawa, atau yang lainnya hal tersebut merupakan perkembangan dari aspek bahasa. Perkembangan aspek bahasa ini mengalami perkembangan sesuai dengan usianya, kemampuan bahasa ini membantu anak dalam memahami apa yang dikatakan orang lain dan juga menumbuhkan rasa percaya dirinya.
Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *