berat badan ideal

Manusia membutuhkan karbohidrat untuk mencukupi kebutuhan pokok 4 sehat 5 sempurna, secara umum makanan pokok masyarakat Indonesia adalah bersumber dari nasi yang berasal dari tanaman padi. Nasi merupakan karbohidrat yang memiliki karakteristik yang relatif unik, nasi mengandung kadar karbohidrat tinggi tetapi tubuh kita relatif sulit dalam mengurai nasi tersebut. Hal tersebut ditandai dengan tubuh kita sering merasa ngantuk apabila selesai makan nasi apalagi dalam jumlah yang banyak.

Apabila kita makan secara berlebihan misalnya makan nasi dalam jumlah yang banyak dalam satu waktu Hal tersebut akan menyebabkan bertumpuknya kadar karbohidrat dalam tubuh kita, tubuh kita akan berat mencerna nasi tersebut selain itu akan menyebabkan pembesaran pada volume lambung, volume lambung akan menyesuaikan dengan jumlah makanan yang memasukinya. Lambung dengan ukuran yang terus membesar akan menyebabkan perut menjadi,bertambahnya berat badan secara tidak proporsional tentu saja hal tersebut akan menjauhkan kita dari harapan untuk mendapatkan berat badan ideal.

Kelebihan karbohidrat akan menyebabkan bahaya bagi  tubuh, karbohidrat merupakan salah satu jenis gula yang akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Sumber karbohidrat selain dari nasi juga bisa bersumber dari bahan makanan lain misalnya umbi-umbian termasuk gula. Jika kita mengkonsumsi karbohidrat yang banyak maka akan menyebabkan kegemukan, kegemukan tentu saja merupakan faktor pemicu dari berbagai penyakit berbahaya seperti kolesterol, sampai ke penyakit jantung dan stroke.

Kegemukan ditandai dengan berat tubuh kita yang tidak sesuai atau tidak proporsional selain itu kegemukan ditandai dengan penumpukan jaringan lemak pada daerah tertentu misalnya perut, atau pada daerah lain.sebagai manusia tentu saja kita berharap memiliki berat badan ideal. Dapat dibayangkan jika dalam satu hari kita mengkonsumsi nasi dalam jumlah berlebih, kemudian meminum sirop, kopi atau minuman manis lainnya, maka betapa beratnya tubuh kita dalam mencerna makanan dalam hal ini gula, hal tersebut tentu saja akan menyebabkan  kelebihan gula dalam darah kita.

Kelebihan mengkonsumsi karbohidrat tentu harus kita hindari, hal tersebut dapat dilakukan misalnya dengan membatasi jumlah asupan karbohidrat yang kita konsumsi, misalnya dengan mengurangi nasi dan menggantinya dengan sumber lain misalnya umbi-umbian. Gula yang biasa kita gunakan sebagai pemanis pun dapat kita ganti dengan menggunakan gula jagung yang lebih aman dikonsumsi. Beberapa hal tersebut mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menjadikan tubuh kita tidak kegemukan dan kita memiliki berat badan ideal.