Anak kecil yang sangat senang bermain pasti akan melupakan yang namanya makan, waktu mereka hanya digunakan untuk bermain saja. Mereka tidak memikirkan bagaimana kondisi mereka jika anak kecil tersebut melewatkan waktu makan. Bahkan karena hal tersebut tidak sedikit anak melupakan makan dan akhirnya ia tidak memiliki nafsu untuk makan, seleranya berkurang, serta mereka tidak ingin makan pada saat jam makan tiba.

Anak susah makan bukanlah hal yang aneh lagi, itu karena mereka hanya memikirkan untuk bagaimana ia bisa bermain. Disitulah peran orang tua sangat dibutuhkan, orang tua harus tahu bagaimana cara mengatasi anak susah makan dengan caranya sendiri agar anak mau kembali makan dan meningkatkan nafsu makan.

Agar anak kembali mempunyai nafsu makan ada beberapa cara atau tips yang bisa dilakukan oleh orang tua sebagai cara untuk mengatasi susah makan pada anak. Tips untuk mengatasi hal tersebut adalah sebagai berikut ini.

  1. Berikan makanan yang disukai oleh anak, dengan begitu sedikitnya anak mau untuk makan meskipun hanya lauknya saja yang dimakan. Namun, hal itu sudah lebih baik daripada anak tidak makan sama sekali.
  2. Bentuk makanan menjadi bentuk yang unik agar anak penasaran seperti apa rasanya jika makanan dibentukan menjadi bentuk yang berbeda dari biasanya, dengan begitu anak akan memakan makanannya.
  3. Ketika anak tidak ingin makan nasi dan lauknya berikan buah-buahan agar anak tetap mendapatkan nutrisi untuk tubuhnya.
  4. Buatkan makanan yang dicampur dengan banyak bahan sayuran agar anak tidak hanya memakan makanan yang ia sukai.

Tips tersebut merupakan beberapa cara untuk mengatasi anak susah makan, anda bisa mencoba tips tersebut untuk diberikan kepada anak, dan jika anak memberikan respon yang baik teruslah melakukan hal tersebut dan kreasikan setiap makanan agar anak akan semakin bersemangat untuk makan. Selain itu, cobalah berikan makanan yang belum pernah ia makan sebelumnya agar anak mendapatkan berbagai nutrisi serta gizi dari berbagai makanan agar kesehatan dan tumbuh kembangnya semakin baik.