Sahabat keluarga, apakah anda pernah mendengar pernyataan “sense of number”. Kata atau kalimat tersebut secara sederhana dapat diartikan sebagai sensitifitas terhadap nomer atau angka. Akan tetapi maksud dari pernyataan tersebut kira-kira apa ya? Sense of number disini adalah kemampuan seseorang dalam memperkirakan atau memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan operasi hitungan, sebagai contoh dalam menjumlahkan angka tertentu seseorang yang memiliki kemampuan sense of number tidak mengkotret atau menuliskannya terlebih dahulu tetapi seseorang tersebut akan melakukan perkiraan yang ujung-ujungnya akan menentukan jawaban dari operasi hitung tersebut.

Ternyata sense of number bisa dimiliki oleh semua oang lho. Bagaimana tidak otak manusia yang dibekali dengan milyaran sel dan syaraf merupakan suatu perangkat atau komponen canggih yang diyakini belum erkalahkan oleh mesin tau computer secanggih apapun,  sense of number merupakan keterampilan yang bisa dilatih atau diajarkan pada seseorang pada segala usia atau berbagai jenjang pendidikan. Nah orang tua atau guru dapat melatih kemampuan tersebut dengan mengajari anak belajar berhitung.

Pertanyaan selanjutnya pelajaran berhitung apa yang bisa melatih anak agar memiliki kemampuan tersebut? Menurut para ahli orang tua dapat mengajarkan anak dengan belajar berhitung aplikatif yang dilakukan oleh buah hati kita, misalnya saat menghitung suatu operasi bilangan baik orang tua maupun guru jangan terfokus pada angka-angka atau bilangannya saja, akan tetapi  orang tua atau guru perlu sering memberikan pemahaman yang langsung dapat diaplikasikan anak dalam kehidupannya.

Kemampuan atau keterampilan berhitung tentu akan membantu seseorang dalam perjalanan hidupnya. Kemampuan berhitung tersebut tentu harus dilatih dan dimaksimalkan sejak dini, tetapi dengan batasan dan kemampuan sesuai tahap perkembangan dan pertumbuhan anak. Anak dengan kemampuan dan keterampilan berhitung yang baik, diyakini banyak orang akan lebih sukses dalam karir dan hidupnya, walaupun bukan sebagai faktor kesuksesan satu-satunya. Mengajarkan anak belajar berhitung sejak dini diyakini akan meningkatkan kemampuan dan pemahaman anak dalam berbagai aktivitas hidupnya di masa yang akan datang. Dengan keterampilan sense of number akan menjadikan anak terampil dalam menyelesaikan permasalahan terutama masalah yang berhubungan dengan hitungan yang akan ditemuinya dalam kehidupannya kelak.