Anak merupakan anugerah luar biasa yang dititipkan oleh Allah swt kepada semua orang tua. Setiap anak mengalami tumbuh kembang yang meliputi kecerdasan, perkembangan fisik dan psikis yang  didukung oleh banyak hal seperti faktor keturunan, asupan makanan bergizi, faktor lingkungan, dan lainnya. saat anak telah berusia 6 bulan dan seterusnya. Maka itulah saatnya anda mengenalkan makanan pendamping ASI untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya yang tidak cukup hanya dengan air susu ibu atau susu formula saja.

Berbagai jenis makanan pendamping ASI ini bisa anda buat sendiri di rumah dengan mudah menggunakan bahan makanan sehat dan bergizi. Selain makanan, jenis mainan juga sangat penting untuk anda pilih guna merangsang perkembangan anak dalam hal kecerdasannya. Berikut ini beberapa jenis mainan edukasi yang bisa anda pilih untuk buah hati.

1. Alat musik mainan

Anak biasanya tertarik dengan bunyi yang dikeluarkan oleh benda. Mainan alat musik perlu anda siapkan dan anak akan memainkannya dengan gembira. Beberapa jenis alat musik mainan seperti gitar, piano kecil, dan alat musik tradisional mainan akan meningkatkan tingkat kecerdasan musikal pada buah hati. dengan mainan alat musik juga akan merangsang pertumbuhan sel otak buah hati.

2. Lego

Bermain lego warna warni akan mampu merangsang imajinasi dan kreatifitas si kecil. saat memainkannya, buah hati akan menciptakan ide guna membuat bentuk benda sesuai dengan keinginan buah hati. dengan bermain lego juga anak akan dilatih lebih sabar dan lebih teliti.

3. Rattle

Bagi anda yang memiliki anak berusia 9-12 tahun, jenis mainan paling tepat bagi buah hati anda adalah rattle untuk mendukung perkembangan motorik anak. Mainan rattle juga dapat melatik kekuatan dan ketangkasan otot tangannya. Selain itu, rattle juga akan mengeluarkan suara saat dimainkan sehingga membuat anak lebih gembira sekaligus dapat melatih indera pendengarannya.

Itulah 3 jenis mainan yang bisa anda pilih untuk mendukung perkembangan anak, terutama dalam hal kecerdasan dan kreatifitasnya. Selain mainan, tentu anda juga harus melengkapinya dengan asupan makanan bernutrisi yang sangat diperlukan oleh buah hati.