Siapa sih yang tak kenal UI? Universitas terkemuka di Indonesia yang memiliki segudang prestasi. universitas terbaik jakarta ini mampu mengeluarkan  kebijakan-kebijakan yang dianggap kontradiksi namun memiliki pengaruh besar bagi perkembangan dunia pendidikan.

Seperti tahun ini UI mengeluarkan keputusan besar yang secara ukuran materi sangat merugikan namun dari segi kualitas sangat berpengaruh bagi perkembangan pendidikan Indonesia.

Pada tanggal 3 Februari 2017 telah ditetapkan undang-undang yang menyatakan tentang kebijakan kawasan tanpa rokok di program pendidikan Vokasi UI. Di sini Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo,

DEA berani mengambil langkah besar yaitu dengan menolak segala bantuan dari perusahaan rokok atau institusi yang citranya terkait dengan rokok. Dalam undang-undang tersebut dilarang merokok di kawasan UI kecuali di tempat yang telah disediakan.

Jika terjadi pelanggaran akan didenda sebesar Rp. 100.000,- namun jika ada seseorang yang dapat menangkap basah pelanggar akan diberi insentif sebesar Rp. 50.000, lengkap dengan bukti-buktinya.

Segala bentuk beasiswa yang berkaitan dengan rokok atau institusi yang citranya terkait dengan rokok tidak diterima lagi, malah semua keagitan mahasiswa tidak boleh di sponsori oleh perusahaan rokok. Begitu tegasnya undang-undang ini untuk menjauhkan mahasiswa UI dari rokok.

Selintas keputusan ini seperti menyengsarakan sendiri karena akan minimnya bantuan terhadap mahasiswa. Namun di sisi lain keputusan ini bagaikan mendulang emas yang akan membentuk generasi bebas rokok.

Dengan demikian para mahasiswa akan lebih aktif, kreatif, inovatif serta akan lebih hemat dalam mengatur keuangan. Seperti kita ketahui terlalu sering merokok akan menyebabkan kecanduan, sehingga orang akan berusaha terus untuk membeli rokok tak peduli uang untuk keperluan sehari-hari.

Begitulah UI sebagai universitas terbaik jakarta berani menolak hal-hal yang menurut umum lumrah namun berakibat fatal bagi perkembangan pendidikan bangsa ini.

Dengan adanya undang-undang tersebut mudah-mudahan dapat diikuti oleh universitas lainnya yang ada di Indonesia. UI sebagai universitas terbaik jakarta dapat menjadi pelopor kampus yang terbebas dari pengaruh rokok.

Dengan terbebasnyaa mahasiswa dari pengaruh rokok maka mereka akan terjauh dari bahaya narkoba. Dengan demikian terbentuklah generasi yang aktif, hemat, kreatif, inovatif serta serta hemat.