Konsumsi buah-buahan merupakan hal yang baik bagi ibu hamil, karena tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil saja tetapi juga untuk calon buah hati dalam kandungan. Mengkonsumsi buah-buahan juga bermanfaat dalam menjaga kondisi tubuh agar selalu fit dan siap dalam melakukan berbagai aktivitas. Buah buahan untuk ibu hamil juga beragam, sehingga bisa dipilih sesuai keinginan. Walaupun begitu ada beberapa jenis buah-buahan yang memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi namun jumlahnya hanya sedikit.

Pengaruh konsumsi buah buahan untuk ibu hamil yang dikonsumsi secara rutin juga beragam, terutama untuk kesehatannya semasa dalam kandungan. Lalu apa saja buah yang baik untuk ibu hamil tersebut? berikut ini diantaranya beserta manfaatnya.

  1. Buah mangga. Selain memiliki rasa yang enak dan lezat buah dengan daging berwarna kuning kemerahan ini memiliki kandungan serat yang tinggi, disertai dengan beragam vitamin. Jenis vitamin seperti A, C, dan yang lainnya terdapat dalam buah ini. Dan untuk manfaatnya bisa mengatasi rasa mual yang sering terjadi serta memperlancar saat BAB.
  2. Buah Jeruk. Buah yang satu ini terkenal dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi. Selain itu buah jeruk juga mengandung antioksidan yang sangat baik dalam menangkal berbagai racun dalam tubuh. Jadi sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dalam mengatasi rasa mual atau morning sickness.
  3. Buah pisang. Kandungan gizi yang tinggi dalam pisang sangat penting dan diperlukan oleh tubuh terutama saat sedang hamil. Manfaat yang bisa dari buah ini yaitu untuk perkembangan janin dalam kandungan, karena dalam pisang terkandung kalium dan vitamin B6.
  4. Buah berry. Buah ini memiliki banyak jenis atau varian yang berbeda, seperti blackberry, stawberry, raspberry, blueberry, dan yang lainnya. Dalam kandungannya juga baik untuk tubuh seperti adanya antioksidan yang membantu dalam menjaga kesehatan ibu hamil. Untuk ibu hamil yang takut mengalami kegemukan setelah melahirkan buah juga bisa dijadikan pilihan karena manfaat lainnya sebagai buah untuk program diet yang sehat.