Mempunyai calon generasi penerus keluarga dalam kandungan merupakan dambaan setiap wanita. Apalagi bisa mengetahui bagaimana perkembangannya dari waktu ke waktu tentunya akan sangat menyenangkan bagi anda sebagai calon ibu. Oleh sebab itu sebagai calon ibu yang baik penting sekali dalam menjaga kehamilan dalam kandungan, baik itu saat usia kandungan masih trimester awal atau menginjak trimester akhir.

Berbagai cara bisa dilakukan dalam menjaga kehamilan yang penting sekali untuk diketahui ibu hamil. Dengan mengatahui cara-cara ini diharapkan bayi akan terlahir dengan sehat dan tentunya terhindari dari keguguran dan hal lainnya yang tidak diharapkan.

menjaga kehamilan

Untuk cara yang bisa dilakukan tersebut berikut ini 5 diantaranya.

  1. Mengendalikan emosi. Perasaan atau emosi yang selalu terkontrol oleh ibu hamil sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan juga calon buah hati. Apalagi saat kehamilan hormone yang ada biasanya tidak stabil, dengan mendekatkan diri kepada Tuhan menjalin keharmonisan bersama suami bisa membuat emosi yang lebih terkontrol.
  2. Jauhi berbagai kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk seperti minum alkohol, merokok, dan banyak mengkonsumsi obat-obatan bisa menyebabkan resiko bayi lahir tidak sempurna, atau yang lebih parahnya terjadi keguguran. Dari hal tersebut berbagai kebiasaan buruk bagi ibu hamil harus dihindari.
  3. Kurangi hubungan suami istri. Hubungan suami merupakan hal yang wajar dan normal untuk dilakukan suami istri, akan tetapi saat masa awal kehamilan sebaiknya dalam frekuensinya dikurangi. Hal ini karena dengan hubungan suami istri yang terlalu sering bisa menyebabkan potensi terjadinya keguguran, apalagi dalam posisi yang salah.
  4. Perhatikan makanan dan minuman. Makanan dan minuman yang dikonsumsi juga harus betul-betul untuk diperhatikan. Berbagai jenis makanan atau minuman yang baik dan kurang baik untuk dikonsumsi harus diketahui dengan baik. Seperti makanan baik berbagai jenis sayuran dan buah-buahan dan yang kurang baik jika makanan tersebut dimasak kurang matang atau masih mentah.  
  5. Konsultasikan kehamilan. Saat kehamilan awal dan selanjutnya selalu mengkonsultasikan berbagai keluhan dan yang lainnya kepada dokter kandungan atau bidan yang terpercaya. Dengan begitu kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan akan tetap terjaga.