Strategi Public Relation di Perusahaan

Public relation sangat berperan penting dalam membantu mengembangkan dan memajukan sebuah perusahaan. Sebagai salah satu komponen yang ada di perusahaan public relation menempati posisi yang cukup berperan. strategi komunikasi pr diharapkan dapat meningkatkan citra positif di mata masyarakat. Ada banyak hal yang bisa dilakukan public relation untuk dapat mengingkatkan citra positif perusahaan. Dengan citra positif yang melekat pada perusahaan akan berpengaruh pada terhadap kemajuan dan perkembangan perusahaan baik dalam jangka pendek samapi jangka panjang.

Ada tugas dan fungsi dari public relation yang beriringan dengan strategi komunikasi pr, diantaranya adalah :

1. Conselling

Sebagai salah satu bagian dari perusahaan. Public relation bisa juga menjadi conselling kepada internal manajemen dalam memberikan saran dan masukan terkait kebijakan, relasi, dan komunikasi perusahaan dengan public.

2. Reserch

Tugas dari public relation selanjutnya adalah melakukan research terhadap prilaku publik. Kemudian data-data hasil riset tersebut dijadikan salah satu acuan dalam menentukan strategi dari public relation.

3. Media Relation

Untuk dapat berkomunikasi dengan publik tentu membutuhkan media massra. Public relation bisa berfungsi sebagai perantara untuk membangun kerjasama dengan media agar kebijakan yang dibuat perusahaan bisa disosialisasikan kepada khalayak banyak lewat perusahaan.

4. Publicity

Setelah adanya kerjasama antara media dan perusahaan, public relation dapat segera melakukan publisitas atau merespon keinginan publik terhadapa perusahaan. Adapun tujuan dari publisitas ini adalah agar ketertarikan public pada perusahaan dapat ditingkatkan.

Strategi Public Relation di Perusahaan

5. Employee

Selain sebagai perantara komunikasi perusahaan dengan publik luar, public relation juga bisa menjadi perantara antara karyawan dengan perusahaan dalam menginformasikan dan mempublikasikan saran dan tanggapan dari kedua belah pihak. Apabila hal tersebut telah dilakukan tentu masalah yang ada antara karyawan dan perusahaan akan cepat teratasi.

6. Public Affairs

Dalam perusahaan, public relation juga berfungsi sebagai agen untuk melobi pemerintah terkait kebijakan-kebijakan publik sehingga tidak bertentangan dengan pertaturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan pemerintah. Dengan begitu diharapkan adanya hubungan yang baik antara perusahaan dan pemerintah.