Diare pada anak bisa disebabkan oleh beberapa hal, dan salah satu penyebab diare yaitu rotavirus. Mungkin anda masih awam dengan istilah rotavirus. Rotavirus merupakan virus yang bisa menginfeksi usus yang bisa mengakibatkan diare. Dancow yang merupakan perusahaan yang memberikan informasi mengenai tips-tips untuk menjaga kesehatan dan dunia anak akan memberikan informasi seputar diare.

Gejala diare pada anak yang disebabkan oleh rotavirus ditandati dengan terjadinya demam dan juga muntah-muntah. Selain itu juga diikuti dengan diare secara terus menerus selama 3 sampai 8 hari. buah hati akan erasa haus yang berlebih, badan terasa lemas, mata cekung, mulut kering, bahkan ketika buah ahti menagngis, air mata tidak keluar. Rotavirus menyebabkan perut menjadi sakit, bahkan buah hati akan mengalami dehidrasi.

diare pada anak

Untuk itu anda sebagai orangtua harus waspada ketika terjadi gejala-gejala tersebut pada buah hati. Untuk bisa mengobati diare pada anak yang diakibatkan oleh rotavirus, maka anda bisa melakukan perawatan di rumah jika diare yang terjadi masih dianggap ringan seperti dengan memberikan asupan cairan yang banyak agar tubuh buah hati tidak mengalami dehidrasi. Salah satu cairan yang bisa diberikan pada buah hati yaitu oralit.

Oralit bisa di beli di apotek-apotek, akan tetapi anda juga bisa membuat sendiri cairan oralit, caranya yaitu dengan mencampurkan 1 gelas air tawar, 2 sendok gula pasir dan juga ½ sendok teh garam dapur, aduk sampai garam dan gula pasir larut, selanjutnya berikan oralit dengan takaran sesuai dengan usia buah hati. cairan lainnya yang bisa diberikan pada buah hati yang mengalami diare yaitu dengan memberikan air kelapa muda.

Hal ini dikarenakan air kelapa muda bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare. Berikan air kelapa muda secara rutin setiap hari sampai diare sembuh. Selanjutnya anda juga bisa memberikan air seduhan teh herbal seperti teh chamomile dan juga permen mint. Untuk makanan yang bisa diberikan ketika buah hati anda mengalami diare, anda bisa memberikan makanan seperti biasanya, akan tetapi hindari terlebih dahulu minuman ringan ataupun juga jus buah. sehingga bisa mencegah diare yang terjadi semakin memburuk.