Senam otak saat ini merupakan salah satu aktivitas yang tengah populer di masyarakat Indonesia. Aktivitas yang satu ini memiliki manfaat yang sangat baik sekali untuk otak kita dimana pada nantinya otak kita akan terlatih untuk fokus, meningkatkan kecerdasan dan berbagai manfaatnya yang lain. Selain baik untuk anak –anak dan juga orang dewasa brain gym ini tentunya akan sangat bermanfaat sekali bagi setiap orang yang sudah lanjut usia.

Ada banyak sekali jenis brain gym yang bisa anda jadikan sebagai referensi, berikut ini akan saya paparkan beberapa jenis brain gym untuk anda jadikan sebagai aktivitas bermanfaat diwaktu luang.

senam otak

1 . Dua Tangan di Depan Dada

Jenis senam yang satu ini bisa anda jadikan sebagai salah satu trik senam otak yang sangat bermanfaat sekali untuk dijadikan sebagai pilihan dan sangat mudah sekali. Caranya ialah dengan menempelkan 5 ujung jari kanan dan 5 ujung jari kiri di depan dada. Usahakan untuk menjauhkan telapak tangan ketika menempelkan ujung jari tersebut. Setelah itu, mulailah untuk memutar ke depan jempol kiri seperti halnya mengayuh sepeda, lalu kemudian putarkan ke arah yang sebaliknya. Lakukanlah gerakan tersebut pada jari – jari lain secara berurutan.

2 . Telapak Tangan kanan di Atas Kepala dan yang Kiri Di Perut

Cara ini merupakan salah satu cara yang mungkin sudah tidak asing lagi. Gerakan ini banyak dijadikan sebagai game oleh beberapa orang dan ternyata sangat berfungsi sekali untuk meningkatkan kemampuan otak kita.  Caranya sangat mudah, gerakan telapak tangan kanan yang berada dikepala dengan menepuk – nepuk ke atas dan kebawah sedangkan telapak tangan kiri yang diperut anda gerakan secara memutar. Setelah cukup lama anda bisa memindahkan telapak tangan kanan di perut dan telapak tangan kiri di kepala lalu lakukan sebaliknya.

Kedua gerakan di atas merupakan gerakan brain gym yang sudah digunakan oleh banyak orang sebagai gerakan yang sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan kualitas otak kita dan meningkatkan kecerdasan kita. Selain itu masih ada banyak gerakan lainnya yang bisa kita jadikan sebagai pilihan.