loading

Loading...

Tips Memberikan Rangsangan Untuk Perkembangan Motorik Anak Usia 7-9 Bulan

Tips Memberikan Rangsangan Untuk Perkembangan Motorik Anak Usia 7-9 Bulan

January 4, 2018

Perkembangan pada motorik anak merupakan perkembangan yang terjadi karena berbagai faktor yang mendukungnya. Seperti halnya dengan perkembangan faktor usia anak, lingkungan anak, dan yang lainnya. Semuanya dapat memberikan pengaruh akan bagaimana perkembangan motorik anak yang optimal.

Untuk perkembangan motorik anak selanjutnya maka selain melihat dari usia anak atau lingkungannya, memberikan akan berbagai nutrisi yang penting untuk perkembangan motorik anak juga diperlukan. Berbagai nutrisi yang diperlukan oleh anak ini sebenarnya bisa dengan mudah dipenuhi asalkan makanan atau minuman yang diberikan betul-betul bernutrisi. Dalam hal ini anda dapat memberikan minuman susu bernutrisi tinggi kepada anak dengan susu Dancow.

Motorik Anak

Motorik Anak

Yang harus juga diperhatikan dalam memberikan rangsangan yang benar dalam perkembangan motorik anak ini yaitu memperhatikan akan usia anak itu sendiri. Dalam hal ini misalnya untuk anak yang berusia 7 sampai 9 bulan. Rangsangan yang tepat untuk perkembangan motoriknya perlu dilakukan dalam memperhatikan perkembangannya. Misalnya usia ini anak-anak sudah  mulai bisa duduk dan meraih mainannya tanpa jatuh. Selain itu anak juga mulai merangkak, berdiri, dan mulai mengeksplorasi yang lainnya. Untuk rangsangan yang diberikan sendiri bisa dilakukan seperti berikut.

Rangsangan motorik kasar

  • Merangkak bersama si kecil dan melatih anak dalam menyeimbangkan badannya sehingga anak terbiasa dan terlatih.
  • Mencoba melatih anak berdiri tetap sambil dipegang dalam melatih kekuatan otot-otot kakinya menjadi lebih kuat saat berjalan nanti.
  • Coba pasang cermin di depan anak dan biarkan buah hati anda untuk melakukan berbagai gerakan seperti mnurunkan bokong serta punggungnya, mengangkat, menggoyangkan badan ke depan dan belakang.

Rangsangan motorik halus

  • Melatih anak untuk makan dengan memberikan sendok kecil atau bisa juga dengan menggunakan tangannya sendiri.
  • Berikan benda-benda yang dapat dipegang oleh anak dengan ukuran yang dapat disesuaikan dengan genggaman anak, seperti mainan garpu, sendok, dan yang lainnya.
  • Latih anak dengan melakukan gerakan menggunakan jari-jari dan membiasakan gerakan tangan mengepal dan membuka.
Share This

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *