penyebab ketombe
penyebab ketombe

Seperti halnya salah satu jerawat yang sering dikaitkan dengan kemalasan seseorang membersihkan wajah, namun salah satu penyebab ketombe juga dianggap dipicu oleh kurangnya merawat kondisi rambut dan kulit kepala. Ketombe ternyata merupakan masalah yang umum dialami.

Data National Institute of Health menyebutkan, hampir separuh orang dewasa mengalami gangguan ketombe. Menurut ahli dermatologi dan profesor kesehatan kulit Dr.Debra Jaliman, ketombe terjadi ketika pengelupasan kulit tidak maksimal dan sel-sel kulit mati menumpuk di kulit kepala dan menjadi serpihan putih yang gatal.

penyebab ketombe
penyebab ketombe

Ketombe adalah nama awam untuk dermatitis seboroik pada kulit kepala yang disebabkan karena terlalu banyak jamur yang biasanya muncul di area kulit yang berminyak. Kondisi tersebut menyebabkan kulit kepala menjadi merah, muncul serpihan putih, dan gatal pada kulit.

Yang membedakan dermatitis seboroik dengan ketombe adalah ketombe hanya terjadi pada kulit kepala, sementara dermatitis bisa muncul si semua area kulit, termasuk zona-T dan seringkali menyebabkan peradangan. Kelenjar minyak, jamur yang disebut malassezia globosa mendapat makanan dari kulit kepala yang berminyak.

Dengan kata lain, penyebab ketombe ini adalah kulit kering, terlalu banyak atau terlalu sedikit minyak, atau frekuensi mandi. Hal lain yang tidak disadari, serpihan pada kulit kepala tidak selalu berarti ketombe. Serpihan itu juga bisa disebabkan karena penyakit kulit psoriasis, infeksi jamur, atau eksim di kulit kepala. Meski ketombe adalah hal yang biasa terjadi, tetapi kondisi ini perlu diatasi.

Sayangnya, para ahli mengatakan tidak ada obat yang benar-benar manjur menyingkirkan ketombe. Seperti biasa, keramasi rambut Anda dengan cara rutin memakai clear shampo anti ketombe, yang dapat memberikan pertahanan yang sempurna terhadap munculnya penyebab ketombe.