kue tradisional Indonesia
kue tradisional Indonesia

Salah satu kue tradisional Indonesia yang banyak disukai yaitu kue lapis, kue ini banyak disukai selain karena rasanya yang enak juga untuk tampilan nya yang berbeda. Untuk bahan pembuatnya sendiri biasanya kue ini dibuat dengan bahan dasar berupa tepung beras, akan tetapi untuk anda yang ingin berkreasi lebih bahan tepung singkong bisa dicoba di rumah.

Untuk membuat kue tradisional Indonesia ini juga mudah karena dalam prosesnya tidak diperlukan waktu yang lama, anda hanya perlu alat-alat seperti wadah penyimpanan atau blender supaya adonan tercampur rata. Bagi anda yang membutuhkan makanan kue tradisional maka pilihan dengan kue lapis ini dapat menjadi pilihan tepat dan bisa dicoba di rumah.  

Paduan bahan dari tepung beras ditambah dengan tepung singkong dijamin membuat rasanya menjadi lebih berbeda. Tidak ketinggalan juga dengan gula yang digunakan pastikan anda menggunakan Gulaku sebagai gula terbaik untuk hidangan kue anda. Untuk lebih jelasnya bagaimana membuat kue lapis ini berikut penjelasannya.

kue tradisional Indonesia
Kue Tradisional Indonesia

Bahan-bahan yang diperlukan :

  1. Tepung singkong 150 gram
  2. Tepung beras 100 gram
  3. Gula pasir Gulaku 100 gram
  4. Garam halus ½ sdt
  5. Santan pandan 100 gram
  6. Pewarna makanan secukupnya dengan warna sesuai selera seperti merah/ hijau

Cara membuatnya pertama-tama masak 200 ml santan dengan gula pasir, garam dan tepung berasa sampai seperti bubur, setelah itu angkat dan bagi adonan menjadi dua atau tiga bagian. 2/3 lalu diberi pewarna makanan sesuai selera dan 1/3 nya lagi tetap dengan warna putih. Kemudian masing-masing bahan bagian dicampur dengan tepung singkong dan sisa santan dengan banyak yang sama lalu blender menjadi adonan yang tercampur rata.

Pada tahap akhir masukan adonan dalam cetakan yang sebelumnya telah diolesi dengan minyak, kemudian kukus selapis demi selapis selama 8 meni sampai adonan habis. Setelah semuanya habis kukus adonan selama 15 menit agar matang nya maksimal, setelah itu angkat biar dingin dan keluarkan dari cetakan. Setelah selesai potong-potong lalu sajikan.