Jurusan Broadcasting

Memasuki tahun ajaran baru, pasti banyak diantara kalian yang sedang memikirkan ataupun mempersiapkan untuk melanjutkan pendidikan. Banyak pilihan jurusan yang bisa kalian sesuaikan dengan passion kalian. Salah satu jurusan yang lagi trend saat ini adalah jurusan broadcasting.

Broadcasting atau penyiaran, sesuai namanya berhubungan dengan dunia penyiaran, entah itu radio, televisi maupun yang lainnya. Jurusan ini ada yang berdiri sendiri ada juga yang termasuk dalam ilmu komunikasi. Jika kalian salah satu yang tertarik dan berniat melanjutkan studi di dunia broadcast, kalian harus siap jika kenyataannya kuliah di dunia broadcasting tidak sesuai dengan ekpetasimu.

jurusan broadcasting
jurusan broadcasting

Berikut ini merupakan alasan kenapa kalian harus memikirkan kembali dengan matang sebelum kalian ambil jurusan broadcasting.

  1. Tugas Deadline

Setiap jurusan kuliah pasti punya kesulitannya masing-masing. Begitu pula dengan broadcasting. Jika kalian sudah mantap dengan jurusan yang satu ini maka kalian tidak boleh mengeluh jika “tiada hari tanpa tugas”. Tidak semengerikan itu sih, mungkin ada hari dimana kalian tak ada tugas sama sekali, tapi itu jarang. Tidak hanya tugas secara teori, namun juga tugas praktik yang harus kalian selesaikan. Mulai dari makalah, proposal produksi, naskah, tugas membuat karya dan lainnya harus benar-benar kalian nikmati setiap harinya.

2. Berkorban Materi

Kuliah jurusan broadcasting, tidak hanya pikiran dan tenaga saja yang kalian perlukan, namun juga materi. Memang sih tidak hanya broadcasting saja yang membutuhkan pengorbanan materi, namun setidaknya di broadcasting materi akan menjadi nomor 2 setelah tenaga dan pikiran. Kenapa? Broadcasting akan selalu berhubungan dengan radio dan televisi, entah itu peralatan audio visual atau untuk keperluan yang lainnya, intinya untuk keperluan shooting biayanya tidak sedikit.

3. Mengasah mental

Hal ini juga penting, jika kalian bukan orang yang siap stress dan ga kuat mental menghadapi banyak tekanan lebih baik mencari jurusan lain. Di Broadcasting mental kuat sangat dibutuhkan untuk menjadi profesional yang handal nantinya. Mengasah mental ini dimulai sejak kalian kuliah. Kalian harus kuat jika produser mencacimu karena kalian telat mengumpulkan naskah, narasumbermu tiba-tiba membatalkan janji untuk tampil di acaramu, atau kalian harus menyelesaikan tahap editing hanya dalam beberapa jam sebelum di preview.