Resep Cemilan Ringan
Resep Cemilan Ringan

Resep Cemilan Ringan – Kepulauan Selayar sangat dikenal dengan makanan khasnya yang unik dan cita rasanya yang manis. Salah satu makanan khas Selayar yang tidak bisa dilewatkan adalah kue Kalakere. Kue Kalakere termasuk cemilan ringan bagi masyarakat Selayar.

Menikmati kue Kalakere dapat dilakukan dalam kondisi apapun. Bahan utama resep cemilan ringan ini adalan tepung beras ketan. Kue tepung beras ini dinamakan Kalakere karena proses pembuatannya yang dileker dalam bahasa Selayar. Uniknya kue Kalakere berbentuk angka delapan.

Resep Cemilan Ringan
                                                        Resep Cemilan Ringan

Cita rasanya yang khas, sangat pas di lidah, manis dan sedikit gurih. Aromanya pun sangat khas karena dipanggang menggunakan panggangan tradisional Selayar yaitu Palako. Untuk proses pembuatannya, resep cemilan ringan ini sangat mudah untuk dipratekkan di rumah. Untuk menciptakan rasa manis yang khas pada kue Kalakere, penggunaan Gulaku Tebu sangat direkomendasikan. Berikut proses pembuatannya:

Bahan:

  • 3 Butir telur
  • 100 gram Gulaku Tebu
  • 200 ml air soda
  • 250 gram tepung beras ketan
  • 50 gram tepung beras

Cara Memasak:

  1. Masukkan telur pada baskom, aduk hingga merata dan mengembang menggunakan mixer dengan kecepatan sedang. Selanjutnya tambahkan Gulaku Tebu dan air soda sediki demi sedikit bersamaan tetap diaduk dengan mixer. Aduk hingga merata.
  2. Kemudian masukkan tepung beras ketan yang sebelumnya diayak, aduk menggunakan spatula. Selanjutnya tambahkan tepung beras, aduk kembali hingga semua bahan tercampur dan uleni hingga adonan menjadi kalis.
  3. Setelah adonan menjadi kalis, gulung adonan dan bentuk memanjang hampir menyerupai mie namun dengan ketebalan 0,5 cm. Bentuk memanjang, kemudian cetak membentuk angka 8, lakukan cara itu hingga adonan habis.
  4. Letakkan pada loyang kue, kemudian kue siap dipanggang dengan suhu oven 180 C, panggang selama kira-kira 25 menit. Angkat dan kue siap untuk dihidangkan

Resep cemilan praktis ini dipersembahkan oleh Gulaku Tebu. Camilan ini sangat cocok dihidangkan dengan segelas teh maupun kopi untuk menghabiskan waktu santai anda baik di pagi gari maupun sore hari. Selamat menikmati!