Dua Jenis Oli Motor Matic yang Perlu Diketahui
Dua Jenis Oli Motor Matic yang Perlu Diketahui

 

Motor matic selain menggunakan oli mesin, juga menggunakan oli gardan atau oli transmisi. Kedua jenis oli motor matic ini harus diperhatikan waktu penggantiannya untuk menjaga performa motor matic kamu tetap baik. Penggantian oli motor matic harus dilakukan secara rutin, baik oli mesin atau pun oli gardan.

Oli bagi kendaraan seperti sepeda motor matic merupakan kebutuhan vital yang perlu mendapat perhatian. Oli memegang peran penting pada performa, kinerja serta keawetan kendaraan. Oleh karena itu, oli harus dipilih dengan tepat, hati-hati serta sesuai dengan kebutuhan.

Fungsi oli mesin pada motor matic berbeda dengan motor manual. Pada motor matic oli mesin hanya melumasi komponen mesin saja. Sedangkan sistem transmisi motor dilumasi menggunakan oli gardan. Umumnya oli mesin diganti setiap 5000 km atau setiap 3 atau 4 bulan sekali tergantung pada jenis oli yang dipakai.

Oli gardan memiliki fungsi untuk melancarkan kinerja transmisi otomatis agar dapat bekerja dengan baik. Komponen transmisi akan aus jika tidak dilakukan penggantian oli gardan secara rutin. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan suara berisik yang berasal dari box CVT. Penggantian oli gardan umumnya dilakukan setelah dua kali penggantian oli mesin.

Dua Jenis Oli Motor Matic yang Perlu Diketahui

Beragam merek pelumas saat ini banyak tersedia di pasaran, salah satunya Oli Top 1. Pelumas buatan Amerika ini bisa menjadi pilihan untuk motor matic kamu. Produk ini menggunakan bahan base oil terbaik dan menjadi primadona masyarakat Indonesia. Produk oli ini memiliki tiga kategori yaitu oli motor, oli mobil, dan oli suku cadang.

Oli Top 1 dibuat dengan teknologi tercanggih dan modern sehingga tingkat kekentalannya yang sangat pas. Spesifikasi kekentalan oli terbaik di Indonesia ini sangat beragam sehingga kamu dapat memilih yang sesuai dengan jenis motor matic yang kamu miliki. Kekentalan oli ini mulai dari 5W-30, 10W-40, 15W-50, 20W-50, dan masih banyak lagi.

Oli Top 1 untuk motor matic memiliki sintetis dan bahan aditif yang lebih encer sehingga dapat melumasi seluruh komponen mesin pembakaran motor matic. Oli Top 1 telah bersertifikasi API SL dan JASO MB sehingga cocok digunakan untuk motor matic kamu.

Produk yang tersedia untuk motor matic seperti Top 1 Evolution Matic 10W-40 JASO MB/API SL atau Classic Matic 10W-40 JASO MB. Serta ada juga Top 1 Action Matic dengan beberapa kekentalan yang berbeda. Untuk oli gardan terdapat produk Top 1 Action Matic Oil Gear for Honda serta Top 1 Action Matic Oil Gear for Yamaha.

Beragam pilihan produk oli motor matic Top 1 bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan motor matic kamu. Dengan harga yang cukup murah dan terjangkau, kamu bisa mendapatkan oli Top 1 di bengkel-bengkel langganan kamu.