kue tradisional indonesia
kue tradisional indonesia

Kue tradisional Indonesia sangat kita kenal dengan kelezatannya. Memang di Indonesia sendiri seperti yang kita kenal ada banyak sekali resep masakan yang rasanya luar biasa. Begitu juga dengan kue-kue tradisional yang kini bisa kita temukan juga tidak kalah menariknya.

Nah mengenai kue tradisional Indonesia yang bisa kita temukan tentunya ada banyak sekali, berikut ini beberapa dari kue tradisional diantara ratusan kue yang lainnya:

kue tradisional indonesia
kue tradisional indonesia
  • Kue Lapis

Disebut kue lapin karena memang kue ini memiliki dua warna yang berlapis, kue ini juga banyak ditemui di daerah-daerah yang ada di Indonesia. Kue ini dibuat dengan bahan yang sangat sederhana, yaitu dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan menggunakan pewarna. Kue ini di kukus pada setiap lapisnya sebelum kemudian di tambahkan. Mengenai masalah pewarna yang digunakan untuk kue lapis tersebut biasanya terdiri dari pewarna makanan buatan atau menggunakan pewarna alami. Biasanya Pewarna yang sering digunakan yaitu pandan hijau dan sirup bunga mawar yaitu warna merah.

  • Getuk

Selanjutnya yaitu getuk, yang pastinya sudah sangat kita kenal sekali. Getuk ini merupakan sebagai salah satu makanan yang sangat mudah kita temukan berada di jawa tengah dan di jawa timur. Mengenai masalah pembuatan dari getuk ini biasanya dimulai dari singkong yang di kupas, lalu selanjutnya dikukus atau melalui perebusan, baru kemudian setelah matang selanjutnya ditumbuk atau dihaluskan yaitu dengan cara digiling lalu selanjutnya diberikan pemanis gula dan menggunakan pewarna makanan. Untuk penghidangannya biasanya ditaburi dengan menggunakan parutan buah kelapa.

  • Getuk Lindri

Getuk lindri ini merupakan sebagai varian dari getuk biasa. Kemudian getuk ini dibuat dengan cara pertama singkongnya digiling halus dengan menggunakan gula pasir, selanjutnya dibubuhi dengan pewarna makanan dan vanili dan kemudian setelah itu baru dicetak kecil-kecil memanjang lalu dirapatkan memanjang sehingga kalau Anda tahu ini sangat serupa dengan mie sampai  berbentuk memajang memiliki ketebalan sekitar 2 cm lebar 4cm, kemudian setelah itu dipotong-potong sehingga membentuk panjang sekitar 5cm dan lebar 4cm.

Itulah Kue tradisional Indonesia yang banyak orang sukai, kita bisa temukan di pasaran dari beberapa kue tersebut.