menata ruang keluarga
menata ruang keluarga

Mengidentifikasi aktivitas apa saja yang dilakukan di ruang keluarga adalah langkah awal yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan desain. Sebuah ruang keluarga haruslah memberikan rasa aman dan nyaman sehingga membuat masing-masing anggota keluarga merasa betah. Untuk itu, menata ruang keluarga haruslah bagus dan harus mampu mewadahi berbagai aktivitas yang ingin dilakukan oleh anggota keluarga.

Pada umumnya, ruang keluarga menjadi tempat untuk berbincang antar anggota keluarga, makan dan menonton bersama, hingga bersantai bersama keluarga. Anda pun dapat menambahkan aktivitas lain yang kira-kira dapat dilakukan bersama-sama di ruang keluarga. Pastikan setiap anggota keluarga dapat melakukan kegiatan yang mereka sukai di ruang keluarga. Dengan begitu ruang keluarga dapat hidup dan berfungsi optimal.

Dalam menata ruang keluarga, berapa ukuran dan luasan ruang keluarga Anda? Ukuran ruang keluarga sangat bervariasi. Luas atau sempitnya ruang keluarga biasanya disesuaikan dengan besar kecilnya rumah. Pada umumnya, ukuran ruang keluarga ini berkisar 9-12m2 atau lebih tergantung luasan rumah. Bagaimana menata ruang keluarga di rumah kecil dan sempit?

Dan bagaimana jika dilakukan di rumah yang luas? Rumah dengan luasan terbatas biasanya menerapkan sistem open plan untuk menghemat ruang. Ruang keluarga pada rumah-rumah kecil dan minimalis desain menyatu dengan ruang makan. Bagi Anda yang ingin memiliki ruang keluarga minimalis dan sederhana, desain ruang keluarga dengan sistem open plan ini dapat menjadi pilihan.

Alternatif lain dalam menata ruang keluarga yang dapat Anda lakukan adalah dengan memiliki ruang keluarga yang sempit adalah dengan memilih furniture seminimal mungkin. Anda dapat mendesain ruang keluarga lesehan sehingga tidak perlu menambah furnitur yang memakan banyak ruang. Jika tidak, Anda pun dapat memilih furnitur multifungsi. Anda juga dapat menjadikan ruang keluarga sebagai ruang makan.

Berbeda dengan rumah-rumah kecil dan minimalis, sebagian orang yang memiliki rumah dengan ukuran besar biasanya menempatkan ruang keluarga terpisah dari ruangan lain. Selain karena luasan rumah yang mencukupi, desain ruang keluarga yang terpisah biasanya dipilih untuk menampung jumlah anggota keluarga yang banyak.