alat tes kesuburan
alat tes kesuburan

Banyak sekali cara untuk mengetahui masa subur Anda. Sebagai alternatif untuk memperkuat prediksi hari paling subur, Anda dapat mempercayakan alat tes kesuburan femometer seperti ovutes yang memberikan informasi akurat mengenai kondisi kesuburan Anda atau pun merencanakan kehamilan Anda. Ada pun informasi lain yang bisa Anda perhatikan untuk mengetahui kesuburan Anda, dapat Anda temukan seperti:

  • Suhu basal tubuh meningkat.

Suhu normal orang dewasa adalah 35,5–36.6 derajat Celcius,  jika suhu tubuh Anda naik dari angka yang telah disebutkan Anda diperkirakan sedang mengalami ovulasi atau masa subur. Namun, apabila sebaliknya, Anda sedang berada di masa tidak subur.

alat tes kesuburan
                                                                    alat tes kesuburan

  • Lendir dari mulut rahim

Ovulasi dapat terjadi jika lendir rahim yang keluar memiliki intensitas seperti cairan telur mentah disebabkan kadar hormon estrogen. Pada masa subur tersebut, lendir dari mulut rahim bening dan licin bahkan lengket atau elastis. Fungsi cairan lendir itu memperlancar dan melindungi jalur jalannya sperma menuju rahim.

  • Nyeri pada salah satu bagian punggung atau perut

Pada masa ovulasi rasa sakit pada salah satu bagian punggung atau perut dapat juga dijadikan salah satu tanda mendeteksi masa subur.

  • Naiknya Hormon Progesteron

Hormon progesterone adalah hormon seks wanita yang diproduksi oleh indung telur dan kelenjar adrenal. Hormone progesterone berfungsi  untuk mengatur siklus menstruasi. Mungkin tidak disadari bahwa naiknya hormon progesteron dapat memicu perasaan lebih bergairah daripada biasanya atau lebih bersemangat. Untuk sebagian kasus mungkin beberapa wanita yang menyadari hal itu sebagai pertanda masa suburnya.

Menghitung masa subur setelah menstruasi, serta mencermati yang terjadi selama siklus itu, Anda terbantu untuk merencanakan kehamilan dan mengevaluasi kesehatan reproduksi Anda. Alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter yang menangani Anda tetapi tidak ada salahnya Anda mencoba opsi lain sebagai pertimbangan untuk mempermudah dan mengetahui masa subur yaitu dengan alat tes kesuburan femometer.

Jika masih kesulitan atau ingin informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk menentukan masa subur Anda. Jika Anda menginginkan sebuah alat yang praktis dan ergonomis,