perkembangan bayi
perkembangan bayi

Bayi memiliki pola tidur yang berbeda-beda sesuai usianya. Meskipun kesehariannya banyak tidur, tetap harus diatur agar tidak begadang dan menyulitkan orang tua. Orang tua, terutama bunda, tentu membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar dapat memulihkan energi untuk mengasuh bayi kembali. Bila istirahat tidak cukup, akan berpengaruh pada kesehatan dan emosi yang tentu berdampak pada pengasuhan bayi.

Cari informasi lengkapnya di Bidan Sela, baik melalui website ataupun berkunjung langsung ke tempatnya di Bandung. Tidur cukup dan pola tidur yang teratur sangat berguna bagi perkembangan bayi. Hal ini karena tidur yang memiliki pola yang baik menjadikan tumbuh kembang bayi optimal. Tidur juga dapat dijadikan indikator dalam merangsang tumbuh kembang otak bayi, terutama dalam hal meningkatkan kecerdasan.

perkembangan bayi
                                                                     perkembangan bayi

Apa jadinya bila bayi kurang tidur atau pola tidurnya kurang baik? Tentu bayi akan rewel, gelisah, dan respons lambat. Bunda tentu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Simak cara mudah berikut ini agar pola tidur bayi menjadi baik.

  1. Rutinitas Tidur Konsisten

Bila Bunda menidurkan bayi pada jam tertentu dan dengan cara tertentu, maka lakukan hal sama setiap hari. Kebingungan mengatur rutinitas sebelum tidur justru membuat bayi sulit tidur. Jangan abaikan caranya, seperti terbiasa mengayun atau menepuk-nepuk, maka biasakan tiap hari seperti itu.

  1. Tidak Menggendong Setiap Bayi Menangis

Sering karena alasan sayang, bayi segera digendong saat menangis. Padahal, tangisannya tidak selalu karena minta digendong. Bisa jadi karena gerah, lapar, atau ketidaknyamanan lain yang bila digendong menyebabkan pola tidurnya terganggu

  1. Tidak Cepat Membawa Tidur

Bila Bunda segera menidurkan bayi tanpa rutinitas yang menenangkan, bayi akan memiliki pola tidur yang kurang baik. Terlebih lagi, bila bayi masih terlihat ingin bermain. Biarkan dulu beberapa saat bila masih ingin bermain sebelum mengajaknya tidur.

  1. Beri Suasana Tidur yang Nyaman

Bila tiba waktunya bayi harus tidur, tetapi masih terjaga, berilah suasana menjelang tidur yang nyaman untuknya. Bisa dengan mengganti bajunya agar tidak gerah, meredupkan lampu agar pandangan teduh, dan menjauhkan dari suara bising.

Tidur yang berkualitas dengan pola tidur yang baik membuat bayi belajar disiplin. Bunda harus segera mengatasi bila bayi rewel tanpa tahu alasannya. Sebaiknya konsultasikan kepada yang ahli agar perkembangan bayi tidak terganggu karena pola tidur yang tidak baik.