Apa itu reksa dana
Apa itu reksa dana

Reksa dana merupakan wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dana dari masyarakat pemilik modal atau investor, yang kemudian akan diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa reksa dana pada dasarnya memiliki empat unsur yaitu kumpulan dana dari pemilik dana atau investor, diinvestasikan pada efek instrumen investasi, dikelola oleh Manajer Investasi dan instrumen jangka menengah dan panjang.

Jika diamati memang keberhasilan reksa dana terdapat pada Manajer Investasi. Karena Manajer Investasi mengelola dana-dana yang ditempatkan pada surat berharga yang kemudian direalisasikan dalam bentuk keuntungan atau kerugian. Serta menerima dividen atau bisa disebut dengan bunga yang dibukukannya ke dalam Nilai Aktiva Bersih reksadana. Demikian gambaran umum mengenai apa itu reksa dana.

Apa itu reksa dana
                                                                 Apa itu reksa dana

Salah satu Manajer Investasi di Indonesia yang sudah terjamin keamanan dan mutunya adalah PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI). MAMI ialah Manajer Investasi yang bertugas mengelola Reksa Dana Manulife. Karena Manajer Investasi ini merupakan bagian dari Manulife Investment Management, yaitu perusahaan manajemen investasi umum yang masih bagian dari Manulife. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa peran utama dari Manajer Investasi adalah mengelola kumpulan dana.

Kumpulan reksa dana dikelola oleh Manajer Investasi wajib disimpan pada bank kustodian yang telah menjalin kontrak kerjasama dengan Manajer Investasi. Dimana bank kustodian inilah yang menjadi tempat administrator dan penitipan kolektif. Dengan mengenal apa itu reksa dana Anda dapat mengetahui keuntungan berinvestasi dengan reksa dana. Apa saja? Yuk kita simak ulasan berikut:

  • Keamanan terjamin karena dikelola oleh Manajer Investasi MAMI yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dengan izin BAPEPAM Nomor KEP-07/PM/MI/1997.
  • Mekanisme yang mudah. Investor tidak perlu mengelola investasi yang dimilikinya karena semua sudah diurus oleh Manajer Investasi
  • Terjangkau. Reksa dana dari Manulife dapat dimulai dengan nominal dana yang terjangkau yaitu Rp. 10.000,-
  • Bukan objek pajak
  • Dapat dicairkan kapan saja.

Dengan mengenal apa itu reksa dana, tentu saja Anda dapat mengetahui keuntungan-keuntungan apa saja yang didapatkan jika mengikuti reksa dana.