Kurs
Kurs

Apakah Anda masih asing dengan menukar uang asing dengan rupiah atau sebaliknya di bank? Jika pernah apakah Anda sudah mengetahui sebenarnya seperti apa penjelasan jual beli mata uang asing tersebut? Berikut ini sedikit penjelasan mengenai hal tersebut, namun sebelum itu, dalam tulisan ini akan dibahas bagaimana ketentuan nilai tukar uang asing di Bank Jenius. Ketentuan mengenai nilai tukar mata uang asing secara umum dilihat dari sudut pandang pihak bank.

Hal ini berarti bahwa jika Anda berencana untuk membeli mata uang asing. Maka karena ketentuan di atas yang berlaku adalah nilai tukar atau yang dikenal dengan kurs jual. Sebab bank menjual mata uang kepada Anda.

Kurs
Kurs

Kemudian yang dimaksud dengan kurs beli adalah ketika Anda menjual mata uang asing ke bank. Sebab pihak bank membeli mata uang dari Anda. Namun yang terjadi pada bank Jenius adalah sebaliknya yaitu berdasarkan pada sudut pandang nasabah. Sehingga nilai beli akan menjadi jual dan nilai jual akan menjadi beli. Yang perlu diperhatikan ketika melakukan transaksi jual beli mata uang asing di Bank Jenius adalah antara rupiah dengan mata uang asing begitu juga sebaliknya.

Sehingga di Jenius tidak dapat melakukan penukaran antara mata uang asing dengan mata uang asing. Mata uang asing yang disediakan oleh Bank Jenius diantaranya adalah SGD, JPY, USD, AUD, GBP, HKD, dan EUR. 

Transaksi kurs jual beli mata uang asing di Jenius dapat dilakukan melalui Aplikasi Jenius yang dapat diunggah di smartphone Anda. Dua jenis nilai tukar yang berlaku di Jenius antara lain nilai tukar Jenius dan nilai tukar prinsipil. Nilai tukar Jenius berlaku jika Anda melakukan transaksi jual dan beli mata uang asing melalui aplikasi Jenius.

Di dalam aplikasi Jenius ini Anda juga dapat mengetahui nilai tukar mata uang asing dengan memilih menu Jenius Help. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengecekan terhadap nilai jual dan beli valuta asing melalui halaman rincian saldo ketika Anda mengaktifkan saldo mata uang asing.