kb alami
kb alami

Menunda kehamilan merupakan salah satu program bagi beberapa pasangan. Menunda kehamilan dilakukan karena berbagai tujuan. Tujuannya sangat beragam, mulai dari alasan karena sudah memiliki banyak momongan, sibuk karir, dan masih banyak lainnya. Salah satu solusi untuk menunda kehamilan adalah dengan cara kb alami. KB secara alami ini bisa dikatakan merupakan salah satu solusi terbaik bagi yang kurang cocok dengan jenis KB konvensional.

Apa Itu KB Alami?

Berbeda dengan jenis KB konvensional, jenis KB ini tergolong menggunakan cara-cara berbeda. Yaitu, jenis KB tanpa pemasangan alat dan juga tanpa menggunakan obat KB. Jenis KB ini dirasa paling aman bagi kebanyakan orang. Pasalnya, tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan dan juga tanpa perlu memasang alat apapun.

kb alami
kb alami

Jenis KB ini pun kini sudah semakin populer. Banyak orang yang sudah menggunakannya dan juga terbukti hasilnya. Namun, Anda paham terlebih dahulu bagaimana proses melakukannya agar mudah mengoptimalkannya.

Cara Mengimplementasikan KB yang Alami

Bagi Anda yang tertarik, Anda harus tahu terlebih dahulu jenis-jenis KB yang alami. Ada dua yang biasa dipilih, yaitu menggunakan alat kontrasepsi atau kondom dan tidak melakukan hubungan badan ketika masa subur.

Alat kontrasepsi dirasa paling aman dan mudah untuk menunda kehamilan. Alat kontrasepsi mudah didapatkan. Bagi pasangan yang sudah menikah, bisa menyediakannya di rumah agar proses hamil dan program menunda kehamilan menjadi semakin mudah.

Cara kedua yaitu dengan tidak melakukan hubungan badan pada saat masa subur. Saat ini, tidak sulit untuk mengetahui masa subur. Pasalnya, ada cara untuk mengetahuinya secara mudah. Yaitu dengan menggunakan alat Ovutest Femometer. Alat tersebut bisa mengetahui masa subur melalui suhu basal tubuh. Cara menggunakannya pun mudah.

Ovutest adalah alat untuk tes suhu basal dengan cara menempelkannya pada lidah. Sedangkan Femometer adalah aplikasi digital yang bisa digunakan pada HP Android maupun iOS. Nantinya, hasil dari alat Ovutest akan muncul pada aplikasi Femometer. Keduanya bisa diintegrasikan melalui Bluetooth.

Demikian cara kb alami yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan untuk memilih cara menunda kehamilan yang aman dan mudah.