perkembangan janin
perkembangan janin

Memiliki anak merupakan dambaan bagi setiap pasangan. Apalagi pasangan yang baru menikah, berita kehamilan merupakan berita yang ditunggu. Oleh karena itu, calon ibu akan mempersiapkan segala hal demi perkembangan janin, contohnya adalah memperhatikan nutrisi untuk ibu hamil.

Tidak semua makanan mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin yang di dalam perut ibu hamil. Untuk itu, perlu penyiasatan dengan memperkaya macam makanan. Adapun nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil adalah.

perkembangan janin
perkembangan janin
(source:https://hellosehat.com/wp-content/uploads/2016/11/gizi-saat-hamil.jpg)

1. Karbohidrat dan serat

Karbohidrat dan serat merupakan zat penting yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Untuk nutrisi yang lebih maksimal, carilah makanan sehat untuk ibu hamil yang mempunyai sumber karbohidrat dan kaya akan serat. Karena nutrisi ini dibutuhkan untuk menjaga energi selama kehamilan dan perkembangan calon bayi. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat dan serat yang baik adalah gandum, kentang,

2. Asam folat

Asam folat memiliki peran penting untuk menjaga janin agar tidak lahir prematur. Selain itu asam folat juga memiliki fungsi membentuk struktur saraf yang baik di dalam tubuh janin dan bayi. Setiap hari ibu hamil harus mencukupi sekitar 0,4 miligram. Adapun contoh makanan yang mengandung asam folat adalah

3. Kalsium

Kalsium adalah zat yang dibutuhkan tubuh ibu hamil untuk menciptakan tulang yang kuat dan sel-sel organ tubuh pada janin. Banyak praktisi yang menganjurkan ibu hamil dan menyusui untuk minum susu. Selain itu, jika tercukupi kalsiumnya akan mencegah ibu hamil dari risiko penyakit osteoporosis. Sedangkan kalsium yang dibutuhkan oleh ibu hamil setiap harinya sekitar 1000 mg.

4. Mineral (yodium dan zat besi)

Perlu diketahui di dalam tubuh ibu hamil dan bayi terdapat suatu zat yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh, yaitu kelenjar tiroid. Untuk itu ibu hamil memerlukan kecukupan asupan yodium yang cukup. Selain itu, zat besi juga diperlukan untuk mencegah ibu hamil dan bayi terkena anemia.

Itulah beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil demi perkembangan janin yang sehat. Diperlukan juga kerjasama dari keluarga terutama dari pasangan agar ikut menjaga dan mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil.