Jurusan Desain Komunikasi Visual Di Jakarta
Jurusan Desain Komunikasi Visual Di Jakarta

Saat akan kuliah, seseorang biasanya akan melihat prospek kerja dari jurusan yang dibidiknya. Lalu bagaimana dengan jurusan desain komunikasi visual di Jakarta? Nah bagi Anda yang kebetulan ingin kuliah DKV, tenang saja ya, karena jurusan DKV ini menjanjikan banyak sekali prospek kerja. 

Sekilas Tentang Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan Desain Komunikasi Visual Di Jakarta
Jurusan Desain Komunikasi Visual Di Jakarta

source: https://idseducation.com/wp-content/uploads/2018/10/1-3.jpg

Sebelum kita membahas tentang prospek kerja jurusan desain komunikasi visual, ada baiknya Anda ‘pun mengenal lebih dalam jurusan satu ini. Di era digital ini, skill komunikasi visual sangatlah dibutuhkan. Terutama untuk kegiatan branding atau advertising, desain komunikasi visual dibutuhkan agar pesan yang ingin disampaikan mengenai target yang diharapkan. 

Oleh karena itu, agar menjadi expert di bidang komunikasi visual, seseorang sudah barang tentu mesti kuliah di bidang desain komunikasi visual. Berbeda dengan jurusan desain grafis biasa, jurusan desain komunikasi visual ini tidak hanya fokus pada desain grafis, namun juga komunikasi. Jadi ada beberapa materi yang tidak bisa ditemukan di jurusan desain grafis, seperti psikologi hingga digital marketing.

Peluang Kerja Lulusan Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jika passion Anda memang di bidang desain komunikasi visual, maka passion Anda bisa menghasilkan profit melimpah karena prospek kerja jurusan desain komunikasi visual di Jakarta itu sangat besar. Kebutuhan akan desainer yang mampu menciptakan konten-konten visual berkualitas sangatlah tinggi. Jadi apa saja sich prospek kerja lulusan jurusan DKV ini? Yuk kita lihat jawabannya di bawah ini!

  1. Production House

Dengan berbagai ilmu yang Anda dapatkan di perkuliahan, Anda bisa mengaplikasikannya saat bekerja di Production House. Ya, salah satu profesi yang paling dibutuhkan oleh PH yaitu desainer komunikasi visual. Tak hanya menciptakan dan merancang berbagai grafis, namun juga mampu menganalisa konten grafis agar mampu menjaring lebih banyak viewer dan tentunya sesuai target market yang diinginkan PH.

Tak hanya konten berbasiskan gambar, jobdesk-nya juga meliputi video, fotografi, hingga perancangan website. Karena pekerjaannya sangat kompleks dan vital, gaji yang didapatkan ‘pun lebih besar dibanding profesi lainnya di PH.

2. Biro Periklanan

Jika kita berbicara mengenai periklanan, maka tentunya sangat erat kaitannya dengan komunikasi visual. Agar dapat menarik lebih banyak calon konsumen, iklan dibuat dengan pendekatan tertentu, sehingga hasilnya maksimal. Nah disinilah seorang desainer komunikasi visual berperan saat bekerja di biro periklanan. 

Jadi setelah Anda lulus, tenang saja, banyak sekali biro periklanan yang membutuhkan Anda. Terutama bagi Anda lulusan IDS (Internasional Design School), peluang kerja di biro periklanan sangatlah besar. Ya, IDS telah menjalin kerjasama dengan berbagai biro periklanan, jadi jangan khawatir ya!

3. Biro Hubungan Masyarakat

Prospek kerja lainnya yang berhubungan dengan jurusan desain komunikasi visual yaitu biro hubungan masyarakat. Nah biro hubungan masyarakat ini tidak hanya mencakup institusi-institusi formal, namun juga swasta seperti perusahaan. Ya banyak sekali perusahaan yang membutuhkan tangan-tangan kreatif desainer komunikasi visual. 

4. Pekerja Lepas

Jika selepas masa kuliah, Anda belum mendapatkan pekerjaan, maka tenang saja! Anda bisa menjadi pekerja lepas atau freelancer, dimana bayarannya bisa jadi malah lebih besar jika dibandingkan bekerja di perusahaan.

Nah itulah beberapa prospek kerja lulusan jurusan komunikasi visual di Jakarta. Bagaimana sangat menjanjikan bukan? Jika Anda ingin menjadi ahli di bidang komunikasi visual, maka segeralah bergabung dengan IDS!