prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

Salah satu profesi yang menjanjikan sekaligus bergengsi adalah menjadi seorang programmer. Pada dasarnya, profesi ini memiliki tanggung jawab dalam membuat sebuah aplikasi, baik itu untuk mobile, desktop, maupun website. Nah, tahukah Anda? Ternyata menjadi seorang programmer merupakan salah satu prospek kerja teknik informatika yang diminati oleh banyak orang.

Biasanya seorang programmer akan bekerja di sebuah perusahaan atau menjadi seorang freelancer. Intinya, baik itu bekerja sebagai freelancer atau ikut perusahaan, gaji yang diberikan pada seorang programmer memang tergolong tinggi.

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Programmer?

prospek kerjprospek kerja teknik informatika teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar bisa menjadi seorang programmer. Salah satunya adalah memahami alasan utama Anda kenapa memutuskan menjalani profesi ini. Anda juga harus pandai dalam merancang strategi agar bisa menjadi programmer profesional di masa mendatang. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Menentukan Bidang Pemrograman

Dunia pemrograman sangat luas, sehingga Anda perlu untuk menentukan bidang apa yang ingin Anda tekuni ketika menjadi seorang programmer. Anda harus mulai memikirkannya sambil belajar, kira-kira Anda ingin menguasai pemrograman yang memegang website, aplikasi mobile, atau desktop.

Pasalnya setiap bidang akan memerlukan keahlian dan bahasa pemrograman yang berbeda. Dengan menentukan bidang yang ingin Anda kuasai dari sekarang, Anda bisa mulai mengembangkan skill apa saja yang Anda butuhkan.

Tekun Mengasah Kemampuan

Setelah menentukan bidang yang akan Anda jadikan fokus utama, Anda juga harus rajin dalam mengasah kemampuan. Lakukan latihan secara rutin dan rajin membaca mengenai bahasa pemrograman yang akan Anda pelajari. Perlu diketahui bahwa ada banyak bahasa pemrograman yang bisa Anda pilih sesuai dengan profesi atau tujuan yang ingin Anda capai.

Tidak ada yang mustahil jika Anda bersungguh-sungguh dalam mengasah kemampuan untuk menjadi seorang programmer. Dengan rajin membaca, praktik, dan terus mengasah kemampuan, akan membuat Anda menjadi seorang porgammer yang handal.

Membuat Portofolio

Portofolio merupakan salah satu hal penting yang wajib Anda miliki untuk menunjang karir sebagai programmer. Saat ini Anda juga sudah bisa menyimpan data portofolio Anda secara online, sehingga lebih mudah untuk diakses oleh semua orang.

Dengan menggunakan portofolio, perusahaan atau klien bisa tahu aplikasi-aplikasi apa saja yang pernah Anda buat sehingga memperkuat keyakinan mereka untuk bekerja bersama Anda. Intinya saat sudah memiliki banyak aplikasi yang telah Anda ciptakan, Anda wajib untuk menyusun portofolio yang menarik.

Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Salah satu cara paling jitu untuk menjadi seorang programmer adalah dengan mengambil kuliah di jurusan teknik informatika. Dengan berkuliah di kampus yang tepat, Anda akan bertemu banyak orang-orang hebat mulai dari pengajar maupun teman-teman di kelas Anda.

Semakin banyak pembimbing, semakin besar peluang Anda untuk menjadi seorang programmer handal dan profesional di masa mendatang.

Membahas tentang kuliah di jurusan teknik informatika, IDS Digital College bisa menjadi kampus terbaik yang patut Anda lirik. Kampus ini mempunyai tiga peminatan menarik yaitu Software Engineering (SE), Cyber Security Indonesia (CSI), dan Mobile Apps & Games Development (MAG).

IDS Digital College mampu membantu para mahasiswa untuk bersaing di dunia kerja, baik di bidang korporasi maupun startup. Jika Anda memang ingin menjadi seorang programmer handal, mengambil kuliah di kampus dengan taraf internasional ini dapat menjadi langkah awal yang tepat.

Tingginya prospek kerja teknik informatika juga mendorong IDS Digital College untuk semakin giat dalam membantu para mahasiswanya secara teori maupun praktik.