Pada usia anak di bawah 1 tahun, mereka banyak menghabiskan waktunya dengan tidur. Tak hanya tidur malam, melainkan tidur siang pula dalam rentang waktu yang cukup lama. Hal ini memang sudah biasa terjadi, dan bahkan jika si kecil tidak tidur terutama di siang hari maka para orang tua akan merasa aneh dan bertanya-tanya. Seiring dengan bertambahnya usia si kecil, di mana mereka mulai bisa berjalan, bermain dan mengenal lingkungan dengan baik. Mereka akhirnya mulai sulit untuk diajak tidur di siang hari.

Salah satu penyababnya mungkin karena merasa asyik bermain bersama mainan ataupun teman sebayanya. Bagi anda para orang tua yang anaknya dibiarkan tidak tidur siang, seharusnya anda ketahui manfaat tidur siang itu sendiri sebelum anda menyesalinya.

Sekilas mengenai tidur siang, bahwasannya kegiatan yang satu ini sering kali dilakukan oleh Rasulullah SAW. Sehingga selain akan memperoleh manfaat, juga akan mendapatkan pahala sunnah mengikuti jejak Rasul. Adapun manfaat tidur siang ialah sebagai berikut:

  1. Membantu meningkatkan daya ingat, yang telah cukup lama dikemukakan oleh para ahli berdasarkan hasil penelitian yang dilakukannya. Sehingga bagi anda yang ingin anaknya memiliki daya ingat yang baik, biasakan agar mereka tidur siang walaupun hanya 30 menit.
  2. Selain dari meningkatkan daya ingat, dengan tidur siangpun dapat meningkatkan produktivitas. Setelah banyak melalukan kegiatan, tak hanya fisik yang lelah melainkan otak pun merasa kelelahan. Dan dengan istirahat atau tidur siang kinerja otak akan kembali optimal.
  3. Bagi anda maupun si kecil yang sering kali merasa sulit untuk tidur di malam hari atau yang lebih kita kenal dengan insomnia, kini anda dapat mengatasinya dengan tidur siang.
  4. Dengan banyak aktivitas yang dilakukan terutama saat kurang tidur di malah hari, terkadang menjadi pemicu stres. Nah, untuk menurunkan tingkat stres yang terjadi, cobalah tidur siang dalam beberapa menit saja yang penting berkualitas.

Demikianlah semoga dapat bermanfaat.