Mengolah makanan sehat memang suatu kewajiban ibu-ibu muda yang memiliki waktu memasak untuk anggota keluarga. Perhatikan bahan makanan yang akan diolah dan buat daftar menu yang akan disajikan agar masakan yang dibuat menjadi favorit keluarga.

Ada banyak resep-resep makanan yang bisa dijadikan menu makanan keluarga sehari-hari. Jangan lupa lengkapi pilihan menu makanan anda dengan buah-buahan dan susu agar kebutuhan nutrisi keluarga anda terpenuhi.

resep-resep makanan

Olah resep-resep makanan anda dengan benar agar kandungan nutrisi bisa di dapat dengan maksimal. Beberapa bahan makanan dengan kandungan nutrisi dan cara mengolahnya adalah sebagai berikut :

  1. Karbohidrat, kandungan karbohidrat selain terdapat dalam nasi putih juga terdapat dalam ubi-ubian, kentang, beras merah, singkong, mie, bihun dan jagung. Cara mengolah beras putih bisa di tanak dan di tim, cara mengolah beras merah dengan dicampur beras putih agar rasa beras lebih enak dibanding diolah hanya menggunakan beras merah saja, Jagung bisa di rebus selama 10 menit dan ubi bisa di kukus.
  2. Protein, sumber protein selain terdapat dalam telur, terdapat juga dalam daging, udang, tempe, tahu, ikan, hati dan kerang. Olahan ayam bisa dijadikan soto atau capcay, telur bisa dibuat balado dan daging bisa dijadikan sup atau ditumis dengan baso atau sosis. Tambahkan kaldu indofood atau magic lezat Indofood kedalam olahan masakan anda.
  3. Vitamin dan mineral, kandungan vitamin dan mineral terdapat dalam sayuran dan buah-buahan. Olah sayuran menjadi tumis-tumisan dengan menggunakan bumbu racik tumis atau bumbu racik cah Indofood. Saat merebus sayuran usahakan memasukan saat air sudah mendidih. Jangan memasak sayuran terlalu lama dan angkat saat sayuran masih berwarna hijau, masih segar dan bagian batang masih renyah. Konsumsi sayuran maksimal 2 jam setelah masak karena semakin lama di konsumsi sayuran semakin tidak segar.

Kreasikan beragam resep-resep makanan dengan benar maka asupan gizi untuk keluarga bisa terpenuhi. Semakin banyak variasi makanan yang disajikan maka semakin kaya asupan gizi untuk keluarga anda.