asuransi kecelakaan mobilProses pengajuan klaim asuransi kecelakaan mobil seringkali menjadi hambatan bagi para pemegang polis asuransi. Ke tidak tahuan atau kelalaian dalam pengurusannya sering menjadi penyebab klaim asuransinya ditolak. Sayangnya, terkadang kita suka terlanjur menyalahkan perusahaan asuransi-nya, padahal justru kita yang tidak mengikuti prosedur pengajuan klaim asuransi dengan benar, sehingga klaim kita tidak diproses dan ditolak oleh perusahaan asuransi. Pada tulisan kali ini, kita akan mengetahui hal – hal apa saja yang bisa menyebabkan klaim asuransi kita ditolak oleh pihak asuransi.

Perusahaan asuransi kecelakaan mobil akan menolak pengajuan klaim asuransi kita jika pemegang polis melakukan hal – hal sebagai berikut :

  1. Pemegang polis sudah terlanjur memperbaiki sendiri mobil yang mengalami kecelakaan, dan kemudian baru menghubungi perusahaan asuransi untuk mendapatkan klaim. Jika anda melakukan ini, kemungkinan besar pengajuan klaim anda akan ditolak oleh perusahaan asuransi.
  2. Klaim akan ditolak jika anda tidak merubah nama dalam salinan polis dari pemilik lama ke nama anda. Perusahaan asuransi hanya mengakui nama pemilik sekarang, oleh karena itu mengubah nama dari pemilik lama ke pemilik baru sangat diperlukan.
  3. Saat terjadi kecelakaan, pengemudi yang mengendarai mobil tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang sah dari Kepolisian
  4. Pada saat anda menjadi nasabah perusahaan asuransi, mobil yang anda daftarkan diakui sebagai mobil kendaraan pribadi namun pada kenyataannya ternyata mobil tersebut digunakan untuk tujuan komersial baik untuk membawa penumpang atau barang, maka kondisi seperti ini memungkinkan klaim asuransi anda ditolak oleh perusahaan asuransi.
  5. Perusahaan asuransi mungkin mengharuskan Anda melakukan klaim dalam waktu yang ditentukan. Jika anda terlambat dan melebihi waktu yang telah ditentukan maka klaim asuransi anda akan ditolak
  6. Kasus seperti mobil yang di parkir di zona dilarang parkir atau memuat penumpang melebihi kapasitas tempat duduk, hal ini bisa juga menjadi penyebab ditolaknya klaim asuransi anda

Untuk dapat mengajukan klaim atas asuransi kecelakaan mobil dengan mudah dan diterima oleh pihak perusahaan asuransi, maka hal – hal di atas harus anda hindari. Jika semuanya bisa anda hindari, maka dipastikan klaim asuransi kecelakaan mobil anda akan diterima dan disetujui oleh perusahaan asuransi.