Buah Yuzu atau nama ilmiahnya citrus ichangensis x C. Reticulata dalam bahasa Jepang Yuzu tersebut merupakan jenis tanaman seperti jeruk berasal dari Asia Timur. Buah Yuzu sendiri merupakan salah satu keturunan dari jeruk Mandarin dan citrus ichangensis, umumnya buah Yuzu memiliki bentuk lebih kecil daripada grapefruit dengan memilliki kulit yag kasar dan warnanya hijau sampai kuning oranye tergantung pada tingkat kematangannya.

Untuk ukurannya, buah Yuzu memiliki diameter antara 5.5 cm sampai 7.5 cm atau 10 cm lebih. Apa itu buah Yuzu bisa dibuat makanan atau minuman? Untuk buah Yuzu sebenarnya tidak umum jika harus dimakan secara langsung, tapi buah Yuzu lebih tepatnya dibuat sejenis manisan, penambah cita rasa, minuman segar dan perlengkapan makanan dan minuman lainnya atau bisa dicampur dengan bahan lain, karena buah Yuzu sangat asam jika dibandingkan dengan jeruk lemon.apa itu buah yuzuKandungan vitamin C yang terdapat pada buah Yuzu memang sangat tinggi, 3 kali lipat vitamin C dari jeruk lemon. Buah Yuzu banyak dimanfaatkan oleh orang Jepang karena khasiatnya bagi tubuh dan diolah ke dalam berbagai makanan maupun minuman segar.

Apa itu buah Yuzu dapat tumbuh di cuaca panas atau dingin? Buah Yuzu dapat tumbuh pada cuaca ektrim sekalipun, ternyata buah Yuzu bisa tumbuh pada cuaca -50 C dan Jepang adalah negara yang menghasilkan buah Yuzu dengan kualitas baik meskipun dalam cuaca dingin di negara Jepang.

Buah Yuzu berasal dari negara Cina dan di negara tersebut banyak tumbuh liar khususnya di Cina bagian Tengah dan di Tibet. Namun, pada masa Dinasti Tang, Buah Yuzu diperkenalkan ke negara Jepang dan Korea, sehingga bisa berkembang pesat di negara tersebut.

Yuzu memiliki rasa asam daripada buah lemon sekalipun, meskipun sama-sama keturunan jeruk-jerukan, namun buah Yuzu banyak dimanfaatkan sebagai sumber vitamin C yang cukup tinggi.

Buah Yuzu juga banyak digunakan untuk bahan pembuatan parfum, sabun atau wewangian lainnya karena aroma Yuzu cukup khas dan cocok untuk bahan wewangian.