mual saat hamil

Gejala mual saat hamil atau biasanya juga sering disebut dengan morning sickness merupakan kondisi yang sering terjadi pada ibu hamil, terutama saat kehamilan muda sekitar dua atau 4 minggu. Gejala mual yang terjadi juga tidak terbatas waktu, walaupun namanya morning sickness tetapi sering juga terjadi pada pagi, siang, juga malam hari. Pada beberapa kasus bagi ibu hamil juga bisa mengalami morning sickness hampir disepanjang harinya.

Walaupun untuk mual yang terjadi pada ibu hamil tidak begitu berbahaya, akan tetapi jika rasa mual saat hamil terjadi dalam frekuensi yang terlalu sering maka anda wajib untuk berhati-hati karena bisa jadi hal tersebut sebagai salah satu tanda adanya gangguan pada kehamilan. Untuk itu jika terjadi rasa mual yang berlebihan maka 5 cara berikut ini bisa dilakukan untuk mengatasinya.

  1. Pastikan cukup istirahat. Berbagai aktivitas ibu hamil yang terlalu sibuk atau terlalu capai bisa menjadi penyebab ras mual yang terjadi. Untuk itu sebagai cara mengatasinya pastikan anda cukup untuk beristirahat. Jangan sampai berbagai aktivitas yang dijalankan membuat kelelahan.
  2. Konsumsi makanan yang dingin. Konsumsi makanan yang dingin bisa menjadi solusi lainnya untuk mengatasi rasa mual. Berbeda halnya dengan konsumsi makanan yang hangat atau panas yang bisa mengeluarkan aroma dan membuat ibu hamil mudah mual.
  3. Buat nyaman diri. Saat anda merasa mual cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa mual lainnya yaitu dengan membuat diri menjadi nyaman. Misalnya dengan berjalan-jalan ke luar untuk bisa mendapatkan udara yang segar.
  4. Mengatur porsi makan. Untuk menghindari mual juga bisa dilakukan dengan mengatur porsi makanan. Porsi makanan yang dilakukan dapat dilakukan dengan konsumsi sedikit demi sedikit akan tetapi cukup sering. Selain itu hindari makanan yang terlalu pedas atau terlalu manis.
  5. Konsumsi vitamin. Asupan nutrisi yang penting bagi ibu hamil juga sangat penting bagi ibu hamil salah satunya kebutuhan akan vitamin. Anda bisa mengkonsumsi vitamin bersama dengan makanan yang lainnya sebelum anda tidur.