cara menghitung usia kehamilan dalam minggu
cara menghitung usia kehamilan dalam minggu

Cara menghitung usia kehamilan dalam minggu sangatlah penting untuk ibu hamil. Agar si ibu bisa memantau perkembangan janin untuk tetap sehat dan normal terutama perkembangan otaknya. Perkembangan otak pada bayi harus selalu dijaga agar nantinya terlahir dengan anak yang cerdas. Ada beberapa hal yang dapat memperngaruhi perkembangan otak pada janin. Hal ini haruslah dihindari para ibu hamil, diantaranya:

  • Kekurangan nutrisi

Asupan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil lebih banyak dari biasanya. Terutama Vitamin dan mineral yang terdiri dari kalsium, zat besi, yodium dan lain sebagainya. Jika ibu hamil kekurangan nutrisi tersebut akan menyebabkan keterlambatan perkembangan anak seperti berbicara, perkembangan motorik dan lain sebagainya. Untuk itu bayi memerlukan yodium yang sangat penting untuk perkembangan otaknya. Selain itu zat besi yang berfungsi memproduksi sel darah merah yang mampu mengangkut oksigen yang bermanfaat untuk perkembangan otak pada bayi.

  • Kekurangan asam folat

Jika anda kekurangan asam folat saat hamil, akan menyebabkan tabung saraf bayi tidak tertutup secara sempurna, sehingga menyebabkan malformasi pada otak dan sumsum tulang belakang. Untuk itu anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat yaitu sayuran hijau, kacang-kacangan, jeruk dan  makanan sehat lainnya.

  • Stres

selain kekurangan nutrisi, ibu hamil tidak boleh mengalami stres. Hal ini dapat meningkatkan resiko kerusakan otak pada bayi. Stres dapat disebabkan oleh kecemasan dan shock. Untuk itu para ibu hamil di usahakan untuk menghindari stres dengan cara olahraga, jalan-jalan dan perbanyak hiburan.

  • Kurang sinar matahari

Agar janin yang dikandung dapat tumbuh dengan sempurna ibu hamil harus senantiasa berjemur di bawah matahari pagi, agar kandungan Vitamin D dari sinar matahari dapat membantu perkembangan sistem saraf pusat pada otak bayi.

Itulah beberapa hal yang harus dihindari oleh para ibu hamil, guna menjaga perkembangan janin agar tetap sehat dan normal. Untuk itu para ibu harus mengetahui cara menghitung usia kehamilan dalam minggunya agar dapat merawat janin sesuai dengan usia.