mendidik anak
mendidik anak

Pastinya setiap orang tua ingin mempunyai anak yang shaleh, dan malas. Untuk itu, biasakanlah anak anda untuk berusaha dalam mengejarkannya agar mereka sendiri agar meraka dapat belajar bertanggung jawab. Oleh karena itu orang tua adalah peran yang sangat penting ketika mendidik anak akan sangat berpengaruh terhadap bagaimana tumbuh kembangnya terutama dalam hal bagaimana akhlaknya terbentuk dalam keseharian.

Supaya bisa mendidik anak pastinya bukan suatu perkara yang sangat mudah karena diperlukan berbagai cara supaya anak yang dididik bisa menjadi seorang anak yang memiliki kecerdasan tak hanya secara intelektual namun dalam hal spiritual dan emosinalnya. Untuk hal tersebut memerlukan berbagai macam cara yang dapat dilakukan agar anak dapat menjadi seperti apa yang diharapkan. Dan berikut ini cara mendidik anak dengan baik agar dapat menjadi sosok anak yang cerdas dan beragama.

Mengajarkan anak untuk memiliki rasa ingin tahu. Jiwa seorang anak selalu ingin mengikuti dan mencontoh apa yang dilihat atau didengarnya. Oleh sebab itu sejak kecil tumbuhkan sikap anak untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap segala hal. Kita sebagai orang tua harus selalu siaga untuk segala pertanyaan yang ditanyakan oleh anak, dan jangan pernah sekali pun berbohong dan menjelaskan setiap jawaban yang bisa dicerna sesuai dengan usianya.

Dan ajarkanlah anak supaya bersikap tanggung jawab dan mandiri. Sekarang ini anak kita bermain kepadanya rasa tanggung jawab yang besar. Selain itu juga kita sebagai orang tua jangan terlalu over protektif terhadap apa yang dilakukan oleh anak kita. Cobalah beri dia kepercayaan dalam bermain dan yang lainnya namun dengan tetap terus mengawasinya.

Dan coba ajarkan anak untuk mempunyai kemampuan dalam berpendapat. Banyak sekali orang tua yang acuh dan tidak memperdulikan apa yang dibicarakan atau pendapat sang anak. Hal tersebut pastinya bisa berpengaruh pada dirinya yang minder atau tidak berani ketika berpendapat. Oleh karena itu, berikanlah respon positif dari orang tua kepada anak yang bisa membantu sang anak mempunyai kemampuan berpendapat.