cara mengajari anak bicara
cara mengajari anak bicara

Cara mengajari anak bicara memang banyak sekali jenisnya. Benar atau tidaknya anak ketika berbicara tergantung pada bagaimana cara mengajari anak tersebut. Hal ini dikarenakan kemampuan anak yaitu menirukan apa yang akan di ajarkan oleh gurunya tanpa melakukan analisa. Salah satu kesalahannya yaitu anak akan berbicara tidak jujur atau bohong ketika berbicara. Ini akibat dari salah mendidik yang dilakukan kita maupun guru sekolah. Maka dari itu, kita memberikan solusi cara mendidik anak yang baik supaya tidak bohong.

Cara mengajari anak bicara jujur sebenarnya mudah sekali dilakukan oleh kita dengan:

  • Memberi contoh dari diri sendiri

Sifat meniru menjadi suatu kecenderungan besar bagi anak kita. Kita harus memanfaatkan sifat itu dengan baik dan benar. Dimulai dengan selalu melakukan pembicaraan yang jujur dengan anak salah satunya.sebagai contoh ketika kita menjatuhkan benda yang berharga. Kita harus mengakui bahwa yang melakukan itu adalah kita. Hal ini yang mendorong anak untuk meniru cara bicara jujur kita terhadap orang lain.

  • Melatih dan memberi contoh sikap tanggung jawab

Tanggung jawab merupakan hal yang tidak bisa di pisahkan dengan kejujuran. Dengan melatih bertanggungjawab tentunya anak juga akan melakukan sebuah kejujuran terhadap segala sesuatu. Suatu contoh, kita sebagai orang tua memberikan wawasan bahwa mengakui segala sesuatu yang di perbuat akan meringankan pikiran kita dan kita wajib bertanggung jawab sebagai seorang kesatria. Pernyataan ini mengandung unsure motivasi bahwa kita sebagai kesatria wajib jujur dalam segalahal.

  • Mengganti cara menghukum anak dengan memberikan pengarahan.

Menghukum anak bukanlah cara yang tepat untuk mendidik anak. Hal ini akan menjadikan bumerang bagi kita para orang tua. Anak akan merasa minder dan takut ketika mau mengakui kesalahan mereka. Hal ini di karenakan pengalaman anak yang selalu dihukum ketika melakukan kesalahan. Solusi yang benar yaitu dengan member nasehat atau memberikan pengarahan. Pengarahan berupa menunjukkan mana yang baik dan benar. Dari sini anak akan belajar berbicara jujur.

Demikian beberapa cara mengajari anak bicara jujur dan tidak bohong yang telah kami rangkum dalam 3 poin. Dengan berbicara jujur, anak akan membuat kita bangga. Maka dari itu ajarkan sesuatu yang baik dan benar.