perkembangan otak anak
perkembangan otak anak

Perkembangan otak anak antara lain dipengaruhi oleh hubungan kedekatan, pengalaman, dan lingkungan. Orang tua harus menjaga agar otak anak berkembang dengan baik.

Saat masih usia dini, anak lebih mudah untuk belajar. Akan tetapi, otak anak lebih rentan terhadap masalah perkembangan jika dibesarkan dengan cara yang tidak mendukung mereka. Bagaimana langkah mudah meningkatkan perkembangan otak anak?

  1. Memeluk Anak

Tidak banyak yang peduli, ternyata memeluk anak membuat tenang, menghilangkan rasa cemas, sekaligus mengurangi racun dari zat berbahaya di otak. Sebuah pelukan penuh kelembutan mampu memberikan kekuatan batin, bahkan mampu mengurangi kemungkinan perilaku buruk pada anak.

perkembangan otak anak
                                                               perkembangan otak anak
  1. Bermain

Jangan sepelekan bermain bersama anak. Percaya atau tidak, otak sangat menyukai gerakan dan olah raga. Bermain sangat berguna untuk melatih anak bekerja sama, percaya diri, dan berani mengambil keputusan penting dalam waktu cepat. Segala yang didengar, dilihat, dan dirasa merupakan stimulus dan  rangsangan bagi perkembangan otak anak.

  1. Mempelajari Bahasa Asing

Belajar bahasa asing dengan tekun dan konsisten dapat memperluas otak anak. Tentu harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan, seperti bermain, bernyanyi, atau tebak-tebakan kosa kata. Faktanya, anak-anak yang belajar bahasa asing akan lebih cepat mengganti atau beralih perhatiannya saat tugas-tugas diberikan. Mereka juga lebih mudah menyelesaikan masalah dan lebih cepat mengambil keputusan.

  1. Melatih Independensi

Melatih anak melakukan keperluannya sendiri bermanfaat bagi perkembangan otaknya. Ketika anak sudah bisa diajak berkomunikasi, sejak itulah anak sudah bisa dilatih mandiri. Belajar mandiri tentu disesuaikan dengan usia anak. Dengan belajar mandiri, anak akan melatih diri lebih kreatif, lebih peduli pada diri sendiri, dan lebih disiplin. 

Tidak ada kata terlambat bila mau berusaha. Berapapun usianya, bisa dilatih agar dapat meningkatkan perkembangan otak anak. Tak perlu kecewa bila mendapati anak Anda tidak memiliki capaian yang sama dengan teman-temannya. Setiap anak memiliki kelebihan yang bisa jadi berbeda antara yang satu dengan yang lain. Jadi, tidak bisa dibandingkan begitu saja.