butuh dana cepat
butuh dana cepat

Adanya layanan fitech (financial techlology) mempermudah siapapun yang butuh dana dalam waktu cepat dengan proses yang tidak ribet. Tinggal menyiapkan laptop atau smartphone beserta koneksi internet, maka Anda sudah bisa mengajukan pinjaman secara online. Kendati demikian, Anda harus tetap waspada ketika mengajukan pinjaman saat butuh dana cepat, sebab sekarang ini banyak orang tak bertanggung jawab mengaku sebagai perwakilan lembaga resmi untuk melakukan penipuan.

Banyaknya kasus penipuan yang menimpa banyak orang memang bisa membuat Anda ragu saat hendak mengajukan pinjaman. Tentu Anda berhak untuk lebih waspada supaya tidak akan menjadi korban dari kasus penipuan. Demi mengantisipasi hal itu, Anda bisa memperhatikan 5 tips ini untuk menghindari pinjaman online ilegal.

Pastikan Sudah Terdaftar OJK

butuh dana cepat
pinjaman dana cepat

Selalu ditekankan berkali-kali bahwa lembaga pembiayaan secara online yang aman adalah yang sudah terdaftar dan diawasi OJK. Anda bisa mengecek sendiri di website resmi milik OJK apakah pinjaman online yang memberikan penawaran dana telah terdaftar OJK atau belum. Jika belum, lebih baik mengurungkan niat untuk mengajukan pinjaman di tempat tersebut.

Selain itu, tetap waspada juga apabila ada penawaran pinjaman online melalui SMS, sebab pinjaman-pinjaman tersebut biasanya memiliki bunga yang sangat tinggi.

Lembaga Resmi Selalu Mengecek Riwayat Pinjaman

Lembaga keuangan yang resmi tentu tidak mau sampai memiliki debitur yang tidak berkomitmen membayar utang. Hal itu dapat dilihat dari riwayat pinjaman yang pernah dimiliki oleh calon debitur yang tercatat di BI.

Nah, jika Anda bertemu dengan lembaga atau orang yang menawarkan pinjaman tanpa memperhatikan riwayat pinjaman Anda, lebih baik batalkan niat untuk mengajukan dana di tempat seperti itu. Bukannya bisa menyelesaikan masalah ketika sedang butuh uang cepat, Anda bisa terkena masalah lain yang tidak diinginkan.

Jangan Hiraukan Penawaran Melalui Pesan

Sebagai lembaga resmi, tentu tidak mungkin akan mengirim pesan satu persatu ke nomor acak demi mendapatkan debitur. Selain dirasa merepotkan karena mereka pasti memiliki urusan yang lebih penting, cara ini juga jauh dari kesan elegan dan profesional.

Anda sebaiknya mengabaikan pesan-pesan tak resmi seperti itu dan mencari lembaga yang sudah terbukti berkualitas. Bahkan ada juga kasus penipuan yang mencari mangsa melalui email agar terlihat lebih berwibawa. Tidak ada salahnya untuk senantiasa berhati-hati.

Hindari Penawaran Tidak Jelas

Tidak jelas yang dimaksud di sini mencakup berbagai hal, mulai dari alamat, nama perusahaan, email resmi, website resmi, akun media sosial, serta aplikasi di Play Store. Lembaga keuangan yang resmi tentu akan memiliki beberapa hal itu untuk menunjukkan kredibilitas, sehingga masyarakat menjadi lebih yakin.

Namun, jika yang memberi Anda tawaran adalah lembaga yang tidak bisa menunjukkan identitas secara pasti, bisa jadi itu merupakan kasus penipuan. Sehingga Anda patut mengabaikannya.

Memilih Perusahaan Pembiayaan Terpercaya

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah memilih lembaga pembiayaan yang sudah terbukti terpercaya. Misalnya seperti BFI Finance yang memiliki banyak keunggulan serta sudah dipercaya oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Anda bisa mendapatkan pinjaman di BFI dengan melalui 4 tahap yang praktis yaitu memilih jenis jaminan yang ingin Anda jaminkan dan mengisi formulir, lalu Anda akan dikonfirmasi melalui telepon, kemudian akan ada survey tempat, hingga akhirnya dana yang Anda butuhkan dicairkan.

Jangan sampai salah langkah ketika butuh dana cepat dengan mengajukan pinjaman ke sembarang lembaga online. Dengan mengajukan dana ke BFI Finance, Anda tidak hanya diberi pinjaman sesuai kebutuhan, namun juga pelayanan yang sangat ramah.